Jumat, 19 November 2021

PEMASARAN BUKU (PERTEMUAN 21 )

 

Narasumber : Agus Subardana. M. M

Moderator : MS Phia 

Kata mutiara : 

Untuk jadi penulis yang dibutuhkan kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktikkannya,  orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak mempraktikkannya. Maka ia sama saja bermimpi untuk mempunyai mobil tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya. 

Assalamualaikum bapak ibu hebat di seuruh tanah air

Malam ini narasumbernya adalah Bapak Agus Subardana. Beliau adalah direktur bagian pemasaran buku, sedangkan moderatornya adalah Miss Phia Sukabumi. Moderator Andal menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol. Miss Phia alumni gelombang 20 dan merupakan alumni pertama yang menerbitkan buku hasil resume dalam bahasa Inggris. Semoga bisa memotivasi peserta lainnya.

Assalamuaikum Wr. Wb. Selamat Malam, Good Evening, GΓΌtten Nacht 

Ladies & Gents of future famous writers from all over Indonesia!

Tonight, narasumber  Ms.Phia akan membersamai Bapak /Ibu sebagai Moderator dan Pembelajar. Ayo siapkan fokus dengan segelas Teh/Kopi Hangat. Agar jemari selalu kuat merangkai Kata. πŸ’ͺπŸ’ͺ🏽🎊☕πŸ₯§

Bapak Ibu mau tau cara memasarkan buku paling mudah?, dapat royalti dan jangan kaget kalau sampai bisa beli mobil baru ( kata Om jay)?? 

Naaah, tonight kita akan bongkar caranya

Our class tonight seperti biasa akan dibagi menjadi 4 sesi

1.Opening

2. Pemaparan materi

3. Diskusi 

4.Closing

Tema malam ini adalah *Memasarkan Buku* 

Dengan Narasumber yang sangat _expert_ dalam bidang pemasaran, dengan _Loads of Experience_ 

Ayo kita sambut dengan tepuk tangan meriah.Narasumber hebat kita. Bapak *Agus Subandana,M.M.* 

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸŽŠπŸŽ‰

Sebelum di mulai, pastikan Semua customer di rumah, suami/istri, anak anak dan orang tua sudah terlayani dengan service excellence yaaa. ☺️

Naaah.. Sekarang waktunya kita sambut narasumber hebat kitaa, Bapak Agus Subardana... Dengan tepuk tangan πŸ‘πŸ‘πŸ‘ yang meriah..

Profile narasumber kita malam ini 

Jika masih penasaran tentang narasumber kitaa.. 

Check on my Blog page.. Boleh di baca resume saya mengenai kelas BM saya dengan beliau 
 Jangan lupa tinggalkan pesan dan kesan yaaa☺️
https://msphia-bilingualblogger.blogspot.com/2021/08/books-for-sell.html

Mari kita simak materi kita malam ini bersama narasumber kita : 

Assalamualaikum ...
Salam sejahtera bagi kita semua..
Selamat malam Bpk Ibu Guru yang Hebat...

Puji sukur kita panjatkan kepada Tuhan YME... Kita bisa berjumpa bersama2 untuk berbagi ilmu pengatahuan mengenai strategi Pemasaran buku di saat pandemi ini...


Terimakasih Miss Phia ..telah menjadi Moderator  pada sesi tentang Strategi Pemasaran buku...

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Awal bulan maret 2020 wabah covid melanda. Sampai sekarang masih dalam masa pandemi yang menyebabkan perekonomian . Semua sektor usaha menjadi terganggu. Dan sektor usaha seperti penerbitan buku  terganggu 

Puji syukur mulai november ini  buku-buku seluruh indonesia sudah mulai menggeliat membuka diri outlet2nya dan sudah sampai di level 1  untuk seluruh indonesia ada penjualan secara offline masing2 toko buku

Dampak penerbit buku akibat pandemi
1.jaringan toko buku banyaj yang tutup
2. Pengunjung ke toko turun drastis karena dibatasi aturan pemerintah untuk berkunjung ke toko 
3. Penurunan omset toko buku dari 60℅ hingga 90℅ 
4. Selama covid penerbit buku mengurangi jumlah buku yang terbit terutama buku baru dan mengurasi diatribusi ke toko buku 
5. Banyak penerbut gulung tikar atau bangkut 
6.untuk pemasaran buku ke sekolah. Instansi tidak dapat tatap muka atau bertemu langsing sehingga kurang maksimal dalam menawarkan produk buku 
7.semua instansi atau sekolah mengurangi anggatan pembelian buku sehingga anggaran diarahkan untuk kebutuhan covid19 

Pada bulan oktober 2021 mulai pengunjung toko mulai mengunjungi toko2 buku 

Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , selama pandemic Covid 19 ini supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku kita ubah melalui On Line , dan jaringan komunitas secara on line.


Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek dan unik kenapa demikian hal ini dapat dilihat dari jenis2 buku anak. Bisnis. Novel. Pertanian. Pengembangandiri. Peternakan dsb

Dari jenis kategori disini kita, akanmelakukan pemetaan pasar. Strategi pemasaran meliputi faktor mikro dan  Makro. Karena penerbit andi offset sudah mencapai 40th menerbitkan  buku 

Strategi pemasaran buku yg telah kami petakan menjadi 2 yaitu 
1. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )
2. Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Of line)

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit 
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
Target pasar yg kita tuju melalului saluran distribusi toko buku

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.


Salah satu contoh display  buku di toko 

2. Strategi Pemasaran dengan Directselling 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . 
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro umum dll.
- Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

3 komentar:

Motivasi Menulis

 pertemuan 26  Motivasi Menulis  Narasunber : Dail Ma'ruf. M. Pd Moderator : Raliyanti  Bismillahirrahmanirrahim Assalamu'alaikum wr...